Kamis, 22 November 2012

FAKTOR PENDORONG KREATIVITAS REMAJA

Faktor-Faktor yang Dapat Mendukung dan Mendorong Kreativitas

Adapun faktor-faktor yang dapat mendukung atau mendorong kreativitas antara lain sebagai berikut :
a.Kebebasan
Orang tua yang percaya untuk memberikan kebebasan kepada anak cenderung mempunyai anak kreatif. Mereka tidak otoriter, tidak selalu mau mengawasi anak dan mereka tidak terlalu membatasi keinginan anak. Mereka juga tidak terlalu cemas dengan anak mereka.
b.Respek
Anak yang kreatif biasanya mempunyai orang tua yang menghormati mereka sebagai individu, percaya akan kemampuan mereka dan menghargai keunikan anak. Anak-anak ini secara alami mengembangkan kepercayaan diri untuk berani melakukan sesuatu yang orisinal.
c.Kedekatan emosional yang sedang
Kreativitas anak dapat terhambat dengan suasana emosional yang mencerminkan rasa permusuhan, penolakan, atau rasa terpisah. Tetapi keterkaitan emosional yang berlebihan juga tidak menunjang pengembangan kreativitas anak, mungkin karena kurang memberikan kebebasan kepada anak untuk tidak tergantung kepada orang lain dalam menentukan pendapat atau minat. Anak perlu merasa bahwa ia diterima dan disayangi tapi seyogyanya tidak menjadi terlalu tergantung kepada orang tua.
d.Prestasi bukan angka
Orang tua anak kreatif menghargai prestasi anak, mereka mendorong anak untuk berusaha sebaik-baiknya dan menghasilkan karya-karya yang baik. Tetapi mereka tidak terlalu menekankan untuk mencapai angka atau nilai tinggi atau mencapai peringkat tertinggi. Bagi mereka mencapai angka tertinggi kurang penting dibandingkan mempunyai imajinasi dan kejujuran.
e.Orang tua aktif dan mandiri
Bagaimana sikap orang tua terhadap diri sendiri amat penting, karena orang tua menjadi model terutama bagi anak, orang tua yang kreatif merasa aman dan yakin tentang arti diri sendiri, tidak terpedulikan status sosial dan tidak terlalu terpengaruhi oleh tuntutan sosial. Mereka juga amat kompeten dan mempunyai banyak minat baik didalam maupun diluar rumah.
f.Menghargai Kreativitas
Anak yang kreatif memperoleh banyak dorongan dari orang tua untuk melakukan hal-hal yang kreatif.

0 komentar:

Posting Komentar